5 Tips Jitu Mensukseskan UMKM

Untuk meraih sebuah kesuksesan dibutuhkan sebuah usaha yang keras, dan bertahap. Sebab memang tidak ada sesuatu di dunia ini yang terjadi secara tiba-tiba. Semua butuh proses, proses tahapan. Hanya saja ketika anda tidak tahu tahapan atao proses seperti apa yang harus dilakukan, bisa jadi kesuksesan itu tidak akan pernah anda temukan.

5 Tips Jitu Mensukseskan UMKM

Oleh karena itu, sebagai pelaku UMKM yang ingin meraih kesuskesan, harus memahami proses ini, dan harus menjalani dan menekuninya dengan teliti. Memang ketika anda sudah menjalankan beberapa tips berikut, belum tentu usaha anda akan segera sukses. Sebab kesuksesan usaha anda juga bergantung dari skala usaha yang anda jalankan pula. Intinya, agar usaha anda bisa meraih kesuksesan yang sudah anda rencanakan, maka anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut:

1. Memiliki Business Plan

Busniness Plan ini sangat penting, karena ini lah yang akan menjadi acuan anda dalam melaksanakan sebuah usaha. Banyak sekali orang yang gagal ketika memulai sebuah usaha karena sebagian besar dari mereka, hanyalah coba-coba. Sehingga seringkali kegagalan menghampiri yang padahal sebenarnya itu bisa diminimalisir ketika anda memiliki business plan yang jelas.

2. Memiliki SOP

SOP atau yang dikenal dengan Standard Operating Procedure adalah sebauh keterangan detail dari Business Plan yang sudah anda buat. Manfaat dari SOP ini adalah untuk menjaga konsistensi di dalam setiap kerja-kerja yang anda lakukan. Selain itu juga akan lebih memperjelas sebuah prosedur kerja yang ahrus dilakukan, dan juga terkait dengan tanggung jawab dan wewenang seseorang. Sehingga kesalahan dalam sebuah pekerjaan bisa dinimalisir. SOP ini juga akan sangat membantu ketika anda hendak membuat franchise untuk usah anda.

3. Memiliki Strategic Plan

Hal ini akan sangat membantu anda ketika sedang terjadi sebuah masalah, baik itu masalah intern ataupun ekstern, jangka pendek atau jangka panjang. Jadi ketika anda mengalami sebuah masalah A, maka anda bisa menggunakan strategic plan lain yang juga sudah anda rancang sebelumnya.

4. Menjalin Relasi/Network

Dalam sebuah usaha, relasi atau jaringan adalah sebuah hal yang sangat penting. Jaringan ini dapat anda manfaatkan sebagai jalur pemasaran anda, atau juga bisa anda gunakan ketika anda membutuhkan partner bisnis. Banyak cara yang bisa anda gunakan untuk menambah jaringan ini, anda bisa menghadiri ke berbagai seminar, sebar brosur, buletin, memberikan kartu nama, kegiatan sosial, kegiatan keagamaan, dan lain sebagainya. Manfaatkan setiap kegiatan anda, untuk memeprluas jaringan anda.

5. Mengoptimalkan Internet

Di zaman yang serba canggih ini, internet menjadi satu bagian yang penting untuk anda pelajari. Dengan internet, anda bisa memeperluas jaringan dengan mudah, anda bisa melakukan pemasaran lebih luas, dan sebaaginya. Anda bisa memanfaatkan berbagai fasilitas yang ada, seperti google, facebook, twitter, dan lain-lain.

5 Tips Jitu Mensukseskan UMKM | Scareface | 4.5