5 Sumber Modal Usaha yang Bisa Digunakan

Jika kita berbicara tentang membangun sebuah usaha maka yang tidak akan pernah tertinggal adalah bagaimana kita mencari modal usaha untuk membangun usaha tersebut. Kita harus memutar otak untuk bagaimana bisa merealisasikan ide usaha yang kita inginkan. Namun sebelum itu kita harus terlebih dahulu mematangkan konsep usaha yang akan kita jalankan meliputi rincian biaya yang akan kita gunakan. Lakukan efisiensi dengan memanfaatkan barang-barang yang tersedia atau telah kita miliki untuk mengurangi cost pembiayaan modal usaha kita.

sumber modal usaha

Tentu saja ada banyak sumber modal usaha yang bisa kita gunakan untuk membiayai usaha. Ini menjadi alasan mengapa kita tidak boleh beralasan menutup ide usaha yang kita inginkan hanya karena tidak memiliki cukup modal. Di luar sana banyak pihak-pihak yang siap membantu kita dalam pembiayaan baik berbentuk dana hibah ataupun kredit.

Sumber Modal Usaha Kewirausahaan

Mengapa harus wirausaha? Tentu saja alasannya adalah karena seorang yang berani berwirausaha adalah orang yang berani untuk sukses. Kita tidak bisa selalu bermain dalam zona aman. Oleh karenanya jika anda ingin menjadi seseorang yang sukses maka anda harus berani mengambil resiko.

Berikut ini 5 sumber modal usaha bagi anda yang ingin mencoba peruntungan dengan berwirausaha:

Modal Usaha Sendiri

Tentu saja ini adalah modal usaha yang paling aman untuk digunakan. Modal usaha sendiri akan lebih membuat kita nyaman dalam menjalankan usaha karena tidak perlu takut dikejar deadline keuntungan oleh pihak ketiga. Jika pun anda tidak memiliki cukup simpanan untuk membangun usaha maka anda juga bisa menggunakan jasa pegadaian untuk mencukupi biaya yang dibutuhkan.

Modal Usaha Dana Hibah

Jika anda adalah orang yang kreatif tidak kenal menyerah maka sebenarnya anda bisa membangun usaha dengan memanfaatkan dana hibah. Ada banyak dana hibah gratis yang diberikan pada para pengusaha pemula untuk mengembangkan usahanya. Beberapa kementerian terkait biasanya memiliki anggaran sendiri yang diberikan khusus sebagai dana hibah. Untuk lebih lengkapnya silahkan baca di Modal Usaha Gratis dari Pemerintah.

Modal Usaha Investor

Jika pun anda tidak memiliki cukup dana dan gagal mendapatkan dana hibah maka yang bisa anda lakukan untuk tetap menjalankan usaha yang anda inginkan adalah menjaring modal usaha dari investor. And abisa mengumpulkan modal usaha dari bebrapa investor dan menjalankan usaha. Akan tetapi kita harus benar-benar berkomitmen dalam menjalankan usaha. Buatlah perjanjian hitam di atas putih guna mencegah permasalahan-permasalahan yang mungkin akan muncul dikemudian hari.

Modal Usaha Koperasi

Modal usaha selanjutnya yang lebih dekat dengan masyarakat adalah koperasi. Jika anda adalah anggota dalam sebuah koperasi maka anda akan sangat mudah mendapatkan modal untuk menjalankan sebuah usaha. Anda bisa mengajukan proposal pinjaman dana atau proposal kerjasama kepada kepengurusan koperasi.

Modal Usaha Kredit Pinjaman Bank

Modal usaha terakhir yang bisa anda gunakan adalah modal usaha kredit pinjaman bank. Ada banyak sekali baik bank konvensional maupun bank syariah yang memberikan pinjaman kepada para pengusaha untuk mengembangkan bisnis. Umumnya pengusaha yang ingin mendapatkan dana usaha akan dipersilahkan untuk melengkapi beberapa persyaratan yang telah ditentukan.

Selain persyaratan administrasi biasanya ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi seperti diantaranya:

  • Individu tersebut minimal sudah menjalankan usahanya selama 6 bulan, serta belum pernah menerima kredit dari pihak lain
  • Usaha yang dijalankan adalah usaha produktif tetapi belum bankable
  • Dana bisa digunakan untuk kebutuhan modal kerja atau modal investasi, namun tidak untuk konsumtif
  • Individu dapat menerima KUR walaupun sedang menerima kredit konsumtif.
  • Melampirkan dokumen pribadi seperti KTP dan KK
  • Melampirkan surat keterangan usaha yang berasal dari desa
5 Sumber Modal Usaha yang Bisa Digunakan | Scareface | 4.5