4 Strategi Memaksimalkan Usaha Kuliner

Setiap orang yang hidup di dunia ini pastilah membutuhkan makanan. Sehingga bisnis kuliner memang menjadi bisnis yang favorit dan juga menarik minat para konsumen. Anda bisa melihat banyaknya jenis warung makanan yang tersebar di berbagai tempat, baik itu di jalan, di lokasi sekolah, tempat wisata, dan lokasi yang lainnya. Namun dengan banyaknya berbagai jenis penjual makanan, maka anda yang bergelut di dunia kuliner juga perlu memikirkan strategi yang tepat agar usaha anda tidak sepi oleh pengunjung.

4 Strategi Memaksimalkan Usaha Kuliner

Ada bebrapa strategi yang bisa anda gunakan untuk memaksimalkan usaha kuliner ini ditengah persaingan bisnis yang semakin hari semakin ketat. Anda perlu jeli melihat segmen dan juga perlu adanya sebuah kreatifitas agar bisnis anda terlihat unik dan spesifik. Beberapa strategi yang bisa anda lakukan adalah:

Pilih Segmentasi

Karena menjamurnya usaha dibidang kuliner ini, maka agar bisnis anda tetap bisa berjalan, anda harus menentukan segementasi pasar dengan tepat. Sehingga anda bisa menarik pasar yang spesifik dan tidak terlalu berat untuk bersaing dengan bisnis kuliner serupa yang ada di sekitar anda. Segmentasi ini juga yang akan menentukan jenis makanan apa yang akan anda jual. Misalnya ketika segmen anda adalah anak-anak umur 7-12 tahun, maka menjual camilan adalah pilihan yang tepat. Ketika segmen anda adalah para remaja umur 15-19 tahun yang sangat suka nongkrong, maka membuak kafe adalah pilihan yang tepat. Jadi pikirkan betul segmen pasar anda agar bisnis kuliner anda bisa lebih maksimal.

Lokasi Strategis

Di dalam setiap bisnis, unsur lokasi memang sangat penting. Sebab hal ini berpengaruh kepada akses calon pembeli ke toko anda. Jika loaksi bisnis anda tidak terlihat dan agak susah ditemukan, maka knsumen juga akan malas berkunjung ke tempat anda. Maka memilih lokasi yang ramai serta banyak orang adalah pilihan yang tepat, sehingga anda tidak akan kehabisan pengunjung. Memilih lokasi di dekat area perkantoran, mall, sekolah adalah pilihan yang tepat karena mereka sering keluar mencari makan dan anda bisa mengambil peluang ini.

Standar Operasional

Anda perlu menentukan standar operasional yang baku untuk bisnis anda. Misalnya jam buka dan jam tutup, sehingga pelanggan anda tidak kecewa karena ketika hendak mampir, ternyata anda sedang tutup. Selain itu pelayanan yang ramah juga sangat penting. Sebab semua orang ingin mendapatkan pelayanan yang ramah termasuk calon konsumen anda. Jika karyawan anda berlaku judes, maka bisa dipastikan konsumen anda tersebut tidak akan pernah kembali makan di warung anda.

Promosi Menarik

Promosi menjadi faktor penentu pula untuk bisa memaksimalkan usaha kuliner anda. Anda bisa menggunakan berbagai macam promosi yang unik dan kreatif untuk menarik pelanggan. Anda bisa menerapkan diskon setiap hari Sabtu jam 09.00 -10.00 misalnya. Atau model promosi yang lain. Gunakan kreatifitas anda untuk membuat usaha kuliner anda terlihat unik dan menarik.

4 Strategi Memaksimalkan Usaha Kuliner | Scareface | 4.5